Computer Based Test ( CBT ) saat ini banyak kalangan pendidikan yang memanfaatkan media teknologi untuk menunjang pendidikan salah satunya adalah ujian berbasis komputer atau istilah kerennya adalah Computer Based Test, dalam ujian berbasis komputer banyak sekali trobosan trobosan baru agar bisa melaksanakan cbt dengan biaya yang sangat minim, bahkan sekolah kecil pun bisa melaksanakan CBT.
CBT adalah sebuah Computer Based Test yang kami kembangkan dengan tampilan seperti Ujian Nasional Berbasis Komputer. Sengaja kami membuat BEESMART seperti layaknya Ujian Nasional Berbasis Komputer yang dikembangkan oleh Tim Puspendik, dengan tujuan agar para siswa di sekolah-sekolah di Indonesia ini bisa mengetahui, familier dan lebih mengenal medan UNBK. Dengan membuat siswa terbiasa dengan Sistem UNBK sehingga para siswa bisa lebih fokus belajar kepada mata pelajaran yang diujikan tanpa harus takut dan buta lagi dengan apa yang akan dihadapinya di sistem UNBK sesungguhnya.
  1. Support Soal Listening dengan Audio dan Video
  2. Desain, Fungsi dan Navigasi seperti UNBK
  3. Ujian bisa dilaksanakan dengan HP ataupun Smartphone
  4. Cetak Kartu Ujian, Daftar Hadir dan Berita Acara
  5. Sinkronisasi Data Siswa, Bank Soal juga Jawaban Para Siswa
Kini dengan tambahan beberapa plugin CBT BEESMART kini didesain dan didevelop sesuai UNBK dari Puspendik. Sehingga selain siswa para proktor, teknisi dan sekolah juga pihak diknas sekalipun bisa praktek sesuai UNBK dari Puspendik.



     Aplikasi CBT, banyak sekali developer yang menyediakan aplikasi ujian berbasis komputer dari yang berbayar hingga gratis, server yang digunakan pun bisa menggunakan komputer yang memiliki spesifikasi sangat minim, tetapi juga menyusuaikan dengan jumlah siswa sekolah tersebut.
    Beesmart, berikut ini salah satu aplikasi CBT yang sangat recomanded untuk dicoba. Beesmart CBT cukup mudah untuk digunakan. kali ini saya menyediakan 2 versi, yaitu Versi menggunakan Xampp dan versi menggunakan VHD. jika ingin menggunakan versi Xampp bisa Download disini

Hasil gambar untuk cbt beesmart
berikut ini versi yang VHD, untuk versi ini pertama yang harus dipersiapkan adalah Software Oracle VM Virtual Box untuk menjalankan VHD nya.
Setelah Terinstal VirtualBox nya langkah selanjutnya Download VHD nya
Selanjutnya ikuti langkah" ini untuk menjalankan server CBT beesmart
  1.   Persiapkan File “CBT MA’ARIF.zip”per
  2.  Pastikan Router sudah terkonfigurasi IP 192.168.0.1 pada settingan bawaan router di Network – LAN – ipv4







untuk tutorial penggunaan nya bisa downlod disini
------------------------------------------------------------
------------------------------------------------------------
Download Aplikasinya di bawah ini

Dengan adanya Aplikasi Generator Auto Save ini dapat membbantu bapak/ibu dalam mempersiapkan semua kebutuhan soal - soal UTS UAS dan UKK , untuk diujikan kepada siswanya masing-masing, untuk itu bagi yang membutuhkan Aplikasi Pembuat Soal Otomatis ini dapat di unduh pada tautan link yang ada di bawah ini :
Download File:
Format .xlsm Microsoft Excel
Download Aplikasi Generator Auto Save Untuk membuat Semua jenis Soal Format Excel.Xlsm

0 komentar: