Cara Install VHD dan Jaringan Server UNBK 2020
Sudah kita ketahui bersama bahwa Virtual Box merupakan software yang sering di gunakan dalam pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer atau UNBK, Virtual Box ini di gunakan untuk menginstall sebuah VHD.
VHD ini bisa di katakan sebagai mesin Virtual yang berisi data-data untuk di gunakan dalam pelaksanaan unbk dan tentunya bersifat rahasia, aman dari virus dan hal lain yang tidak di inginkan.
Jika kita ketahui salah satu fungsi VBox (Virtual Box) adalah untuk menyembunyikan karakteristik fisik dari sumber daya komputer utama yang digunakan.
Oleh karena itu penggunaan virtual box menjadi sangat penting, tentunya anda harus paham dan benar dalam proses pembuat mesin virtual (install VHD) agar pelaksanaan unbk berjalan lancar dan sukses pula.
Untuk proses install vhd di virtual box, anda dapat melihat langkah-langkahya yang terbagi dalam beberapa tahap, dari proses pengaturan IP Address jaringan client dan hal lain yang perlu anda perhatikan.
1#. Silahkan anda masuk ke Control panel, kemudian pilih Network and Internet
2#. Pilih Network and Sharing Center
3#. Change adapter settings
4#. Pilih Ethernet 2 (Client) klik kanan – Properties
5#. Silahkan anda pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) – Properties
6#. Ceklist pada Use the following IP address, kemudian setting seperti yang di bawah ini, klik ok jika sudah selesai.
7#. Untuk jaringan utama (Akses Internet) bersifat opsional anda dapat menggunakan DHCP atau static seperti saya, dengan catatan internet anda lancar yang akan di gunakan dalam proses sinkronisasi nantinya.
8#. Selanjutnya buka Virtual Box anda, klik kanan Run as administrator. Untuk proses install aplikasi virtual box anda dapat baca pada artikel ini CARA MUDAH INSTALL VIRTUALBOX DI WINDOWS
9# Pilih NEW.
10. Pada menu create virtual machine, untuk name bersifat optional silahkan anda tentukan sendiri. Type Microsoft Windows dan Version Windows 2012 (64-bit).
11#. Pilih ukuran memori (RAM) yang akan anda gunakan, untuk saran misal memori (RAM) anda 16gigabytes maka mesin virtual anda atur sekitar 7/8 gigabytes. Ini di gunakan agar operasi sistem utama lebih lega dan tidak keberatan dalam menjalankan proses virtual box.
12#. Selanjutnya anda pilih Use an existing virtual hard disk file, Browse
13#. Cari dimana anda menyimpan VHD Fress yang akan di gunakan untuk UNBK, yang Fress ya ges dan masih normal. Kemudian klik Open.
14#. Selanjutnya anda tekan tombol Create.
15#. Setelah itu kita masuk ke menu Setting.
16#. Pada menu System, pada bagian Prosesor saya buat 3 CPU. Sekedar info Processor digunakan untuk pengaturan jumlah core prosesor yang akan digunakan mesin virtual. Sebenarnya Isian 1 (satu) prosesor pada bagian ini sudah cukup untuk menjalankan sebuah mesin virtual, silahkan kalau mau bereksperimen. Tapi lihat juga ukuran Memori (RAM) anda ya gess.
17#. Lanjut ke Network pada Adapter 1 setting ke Bridged Adapter, name anda setting ke device atau jaringan client ya gess.
18#. Pada Adapter 2 anda atur ke NAT saja. OK
Insyaalloh jika anda setting sesuai dengan buku manual atau panduan tidak ada kata “ceking ceking ceking “, itu saja artikel saya mengenai Cara Install VHD dan Jaringan Server UNBK 2020. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkenan 


0 komentar: